Sabtu, 25 Juni 2011

LAPORAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas berkah dan anugerah_Nya jualah sehingga Laporan Praktik Kegiatan Pembelajaran Keaksaraan Fungsional ini dapat tersele-saikan. Tulisan ini merupakan hasil penelitian praktik yang penulis lakukan sejak awal bulan Januari hingga akhir bulan April 2011, di Kampung dadi Kelurahan gila Kecamatan Siang Kabupaten Malam.
Pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak-pihak yang telah sudi membantu, sejak persiapan, pelaksanaan hingga pembuatan Laporan Praktik Kegiatan Pembelajaran Keaksaraan Fungsional setelah Praktik Kegiatan selesai. Dorongan dan doa yang tak putus-putusnya dari kedua orang tua tercinta telah meringankan langkah penulis untuk menghadapi segala kesulitan yang menghadang. Terima kasih yang tulus penulis ucapkan kepada Bapak Drs. Cinta Bertasbih Sebagai Dosen Mata Pelajaran Pembelajran Berwawasan kemasyarakatan, yang telah ikhlas meluangkan waktunya dan bersusah payah memberikan nasehat, petunjuk dan bimbingan kepada penulis sejak dari awal praktik kegiatan hingga selesainya Laporan Praktik Kegiatan Pembelajaran Keaksaraan Fungsional ini.
Kepada Dekan Universitas Majumundur, Ketua Program Studi Angin Ribut, beserta seluruh Staf Dosen dan Pegawai yang telah bayak memberikan bantuan, langsung maupuntak langsung, selama penulis mengikuti pendidikan tak lupa penulis mengikuti pendidikan tak lupa penulis ucapkan terima kasih.
Keterbatasan pengetahuan yang ada pada penulis membuat Laporan Praktik Kegiatan Pembelajaran Keaksaraan Fungsional ini masih jauh dari sempurna. Namun demikian penulis mengharapkan semoga Laporan ini dapat memberi manfaat bagi kita semua. Amin.
Penulis

S I N C A N
Daftar isi :
Cover …………………………………………………………………………………………………………………………………
Kata Pengantar ………………………………………………………………………………………………………………….
Daftar Isi ……………………………………………………………………………………………………………………………
BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………………………………………………………………..
A. Latar Belakang…………………………………………………………………………………………………………
B. Tujuan …………………………………………………………………………………………………………………….
C. Hasil yang dicapai …………………………………………………………………………………………………..
D. Indikator Pencapaian ……………………………………………………………………………………………..
BAB II ASPEK-ASPEK PEMBELAJARAN …………………………………………………………………………………
A. Warga Belajar ………………………………………………………………………………………………………..
B. Tutor ……………………………………………………………………………………………………………………..
C. Penyelenggara ………………………………………………………………………………………………………
D. Program Pembelajaran …………………………………………………………………………………………
E. Penilaian dan Evaluasi Hasil ………………………………………………………………………………….
F. Sarana dan Prasarana ……………………………………………………………………………………………
G. Rencana Anggaran Biaya ……………………………………………………………………………………….
H. Jadwal Kegiatan Pembelajaran ……………………………………………………………………………..
BAB III PENUTUP ………………………………………………………………………………………………………………
LAMPIRAN




BAB I
PENDAHULUAN

Transformasi masyarakat dalam menuju kearah masyarakat madani perlu diawali pemehaman yaitu bahwa masyarakat sebagai satu system social yang didalamnya terdapat aspek structural, cultural dan proses-proses sosial. Perubahan masyarakat tidak akan terjadi tanpa adanya perubahan stuktural dan atau cultural yang dipengatuhi factor internal dan atau eksternal masyarakat itu sendiri. Aspek sruktural meliputi segala bentuk tatanan organisasi dan kelembagaan masyarakat, antara lain adalah perubahan aspirasi masyarakat yang dapat diakselerasi dengan perekayasaan perbahan structural.
Masyarakat madani merupakan konsep inovatif bagi istilah yang pada awalnya muncul pada Dunia Ilmu pengetahuan social dengan nama civil society, upaya untuk mengaktualisasi demokrasi dari masyarakat madani diIndonesia melalui pendidikan, masih memerlukan proses yang cukup panjang. Pendidikan harus melakukan riorientasi dan berusaha menerapkan paradigma baru system pendidikan Nasional, yang tujuan akhirnya adalah pembentukan masyrakat Indonesia yang demokratis dan berpegang pada nilai-nilai civility (Keadaban). Pendidikan nasional sebagai bagian dari pendidikan umat manusia harus berpartisipasi untuk bersama-sama membangun masyarakat madani.
Peran pendidikan dalam masyarakat senantiasa mengalami pergeseran, sesuai dengan situasi dan kondisi. Dengan terjadinya pergeseran peran pendidikan, maka secara mendasar pendidikan perlu memiliki karakteristik sebaga berikut :
UNTU LEBIH LENGKAPNYA HUB : 081 355 640 747

1 komentar: